SELAMAT DATANG DI PGRI KABUPATEN BANYUASIN Email : pgribanyuasin@gmail.com

Kamis, 18 Februari 2010

sambutan ketua

SAMBUTAN KETUA UMUM
PENGURUS BESAR PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
PADA PEMBUKAAN KONKERNAS II DAN RAKORPIMNAS I PGRI
BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR, 22 JANUARI 2010


Assalamu’alaikum wr. wb.
Yth. Ketua MPRRI beserta para wakil Ketua, Wakil Ketua DPRRI, Ketua DPDRI dan Ketua Komite III, Menteri Pendidikan Nasional, Gubernur Kalimantan Timur dan segeap Muspida Provinsi Kalimantan Timur, Bapak Walikota Balikpapan dan para Muspida Kota Balikpapan, para Pimpinan Organisasi Guru Negara Tetangga Singapura, Malaysia, dan Brunei Darusalam, Pimpinan Garuda Indonesia, para Sesepuh dan Tokoh Pendidikan, para Badan Penasihat, anggota PB PGRI, Pengurus Provinsi, Pengurus Kabupaten Kota seluruh Indonesia dan hadirin yang berbahagia.
Marilah kita bersama-sama memanjatkan doa dan syukur ke hadirat Allah Swt. karena atas rahmat dan hidayah-Nya, kita diberi keselamatan dan kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan pengabdian dan hadir dalam acara yang sangat penting, terutama bagi PGRI, yaitu Pembukaan Rapat Kerja Nasional ke-2 dan Rapat Koordinasi Pimpinan Tingkat Nasional PGRI ke-1 tahun 2010 Masa Bakti XX.
Atas nama PB PGRI dan seluruh peserta saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kehadiran Bapak dan Ibu memenuhi undangan kami. Konkernas dan Rakorpimnas PGRI kali ini istimewa karena dihadiri oleh tokoh-tokoh penting di republik ini. Terima kasih secara khusus saya sampaikan kepada Bapak Gubernur Kaltim yang telah memberikan bantuan dan dukungan melalui Pengurus PGRI Kaltim sehingga kita diberi kesempatan menyelenggarakan kegiatan di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Kaltim ini. Terima kasih saya sampaikan kepada para anggota panitia yang telah bekerja keras sehingga acara ini berjalan baik. Ucapan terima kasih dan penghargaan saya sampaikan kepada pihak-pihak lain, khususnya Mendiknas, Ketua MPRRI, Ketua DPDRI, dan pihak lain.
Hadirin yang kami hormati,
Pada kesempatan yang baik ini kami ingin dengan tulus menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas perhatian, dukungan, dan bantuan dari pemerintah, dalam hal ini Mendiknas sehingga pendidikan dan guru dari waktu ke waktu ada perkembangan dan perbaikan, termasuk dipenuhinya tambahan tunjangan khusus sebesar Rp 250.000,00 per bulan mulai Januari 2009. Demikian juga dukungan dan perhatian MPRRI yang telah melaksanakan amandemen UUD1945, sehingga Pasal 31 memberikan ketentuan yang sangat tegas untuk anggaran pendidikan. Demikian juga kepada DPRRI dan DPDRI yang telah menyatakan komitmennya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mewujudkan guru yang bermartabat.
PGRI yang lahir sejak 25 November 1945 di Surakarta, Jawa Tengah, telah mengalami pasang surut dan perkembangan yang sangat dinamis. Kegiatan utamanya adalah berupaya mewujudkan guru dan tenaga kependidikan yang profesional, sejahtera, bermartabat, dan terlindungi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. PGRI menempatkan dirinya sebagai mitra pemerintah dan juga pihak-pihak lain dalam rangka menyiapkan sumber daya menusia dan peningkatan mutu pendidikan. PGRI beranggotakan 2.940.000, guru dan tenaga kependidikan baik negeri maupun swasta. Saat ini PGRI dalam kondisi solid dan membanggakan. Kepengurusan tersebar di 33 provinsi dan seluruh kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan, dan satuan pendidikan.
Selanjutnya, berkaitan dengan penyelenggraan Konkernas II dan Rakorpimnas I PGRI, ijinkalah kami pada kesempatan ini melaporkan hal-hal sebagai berikut:
a. Rapat Kerja Nasional adalah rapat antarpengurus PGRI Provinsi yang diselenggarakan dan dipimpin oleh Pengurus Besar dan merupakan instansi tertinggi di bawah kongres.
b. Rapat Koordinasi Pimpinan Nasional PGRI adalah rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Pengurus Besar dan diikuti oleh pengurus PGRI Provinsi dan utusan Pengurus PGRI Kabupaten/Kota.
c. Tema: Membangun PGRI yang kuat dan bermartabat
d. Rakernas I PGRI dilaksanakan pada tanggal 22 s.d. 23 Januari 2010 dan Rakorpimnas I dilaksankan pada tanggal 24 s.d. 25 Januari 2010.
e. Peserta: PB, Pengurus PGRI Provinsi, Pengurus PGRI Kabupaten dan Kota sebanyak 800 orang
f. Dalam Rakernas I PGRI akan dibahas, 1) laporan pertanggungjawaban PB PGRI masa kerja 2009, 2) menyusun program kerja dan RAPB PB PGRI tahun 2010, 3) pernyataan sikap PGRI, 4) sistem keanggotaan PGRI, 5) dan lainnya.
g. Dalam Rakorpimnas I PGRI akan dibicarakan 1) penguatan PGRI, 2) agenda khusus perjuangan PGRI selama 2 tahun ke depan, dan 3) informasi kegiatan PGRI.
h. Beberapa persoalan pendidikan dan guru yang akan dibahas dalam Rakernas II dan Rakorpimnas I, antara ian:

1) Anggaran pendidikan yang harus diprioritaskan minimal 20% dari APBN dan APBD; masih banyak persoalan dan implemntasinya belum sesuai harapan.
2) Perlu penataan pejabat/birokrasi pendidikan. Perlu aturan khusus agar jabatan di bidang pendidikan diisi oleh tenaga yang mempunyai kompetensi baik dan berkomitmen tinggi terhadap peningkatan mutu pendidikan.
3) Perubahan kinerja guru, peningkatan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan.
4) Peningkatan kesejateraan guru, terutama guru swasta, guru tidak tetap, guru wiyata bakti
5) Perubahan pola pembinaan profesi guru, guru perlu dikelola secara khusus
6) Ujian Nasional
7) Mewujudkan PGRI sebagai organisasi yang kuat dan bermartabat
8) Memaksimalkan peran organisasi profesi guru
9) Dan persoalan-persoalan pendidikan dan guru yang aktual

PGRI akan tetap membangun kebersamaan dan solidaritas serta menggalang kerjasama dengan berbagai pihak.

Atas nama PB PGRI saya mohon maaf jika dalam penyelenggaraan kegiatan ini ada kekurangan dan kesalahan. Selanjutnya, saya mohon berkenan Mendiknas untuk memberikan sambutan dan membuka secara resmi. Mohon doa restu dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr wb
Jakarta, 22 Januari 2010
Ketua Umum,



Dr. Sulistiyo, M. Pd.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes